image

Informasi Terbaru

  • Bugs Training Center

Bimtek Perencanaan dan Pemetaan Potensi Ekonomi dan Pendapatan Daerah Bappeda Kabupaten cirebon

Sabtu, 17 Desember 2016

Dalam pembangunan ekonomi, pemerintah daerah berperan dan bertanggung jawab dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakatnya. Pembangunan ekonomi daerah merupakan suatu proses dimana pemerintah daerah dan masyarakatnya mengelola sumberdaya-sumberdaya yang ada dan membentuk suatu pola kemitraan dengan sektor swasta untuk menciptakan lapangan kerja baru dan merangsang perkembangan kegiatan ekonomi dalam wilayah tersebut. (Arsyad, 1999 : 108).

Untuk mencapai tujuan pembangunan daerah, kebijakan utama yang perlu dilakukan adalah mengusahakan semaksimal mungkin agar prioritas pembangunan daerah sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh daerah yang bersangkutan. Sebagai langkah persiapan, salah satu prasyarat yang dibutuhkan untuk menjamin usaha peningkatan dan pengembangan produksi yang efektif dan efisien adalah melalui identifikasi sektoral yang meliputi keunggulan dan potensi setiap sektor ekonomi. Identifikasi potensi dapat dilakukan dengan menganalisis potensi pengembangan sektoral dan sub sektoral di masa yang akan datang.

Guna mendukung percepatan kesejahteraan masyarakat tersebut diatas diperlukan adanya informasi potensi ekonomi daerah sebagai basis data bagi penyusunan perencanaan pembangunan daerah agar pengembangan perekonomian masyarakat dapat terarah sehingga dapat mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. (dikutip dari laman Bappeda Sleman link)

Pada tanggal 17 – 21 Desember Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bugs Training Center bekerjasama dengan Bappeda Kabupaten Cirebon menyeleggrakan Bimbingan teknis Perencanaan dan Pemetaan Potensi Ekonomi dan Pendapatan Daerah untuk staff Bappeda Kabupaten Cirebon. Pelatihan ini diikuto oleh Bapak Agus Waluyo Hadi S.Sos (Kabid ekonomi), Imamul Hakim, ST. M.Eng (Kasubid Agri Bisnis), H. Eri Susanto S.IP., M.Eng (Kasubid Jasa dan Pariwisata), Furqon Hendra S.Pt., M.Sc, Diah Fitriani, S.KM., Nining Alfiah S.Pt, Nana Setiana, S.Sos. Widyastuti S.Km, Firmansyah Arif Fikri A.Md.

Pada kesempatan kali ini Pemateri dibagi menjadi 3 bagian, Sdr Ahmad Hanafi, ST. M.Eng memberikan materi tentang pemahaman renstra IT, pemahaman tentang Implementasi Sistem pendukung keputusan untuk membantu kinerja dalam perancanagan program dan mengurangi subyektifitas dalam proses pemilihan program yang akan di jalankan. Pemateri Kedua Bapak Alexius Widhi Nur Prambudi, SE., M.Sc staff Bappeda Sleman memberikan materi tentang konsep penyusunan KAK dan sdr Gerry Utama tentang  penggunaan Sistim Informasi dalam implementasi pemetaan potensi daerah menggunakan Sistim Informais Geografis.